Rabu, 21 Januari 2015

Menanam Bunga Musim Semi di Iklim Tropis #2. Muscari Berbunga!

Di posting sebelumnya saya menyebutkan terdapat kejutan. Benar. Kejutannya adalah bunga muscari yang pertama. Pagi itu saya menyiram muscari dan dengan tiba-tiba menemukan bunga muscari yang pertama. Beberapa hari sebelumnya saya mengamati belum terdapat tanda-tanda munculnya bunga muscari. Saat itu, saya hampir meloncat kegirangan. Tentu saja saya merasa senang, ini pertama kalinya saya benar-benar melihat bunga musim semi, yang saya tanam sendiri, di iklim tropis pula, di Yogyakartaaa..... :)

Muscari armaenicum

Muscari armeniacum, biasa disebut grape hyacinth, adalah bunga yang selalu mekar di awal musim semi, berasal dari Eropa tenggara (termasuk Armenia). Terdiri dari kerucut bergerombol yang sedikit wangi, berwarna biru ungu tua dan bunganya berbentuk guci. Setiap bunga memiliki garis putih tipis di sekitar tepinya. Bunganya bergerombol bertangkai padat memanjang menyerupai sekelompok anggur terbalik,  oleh karena itu banyak disebut Grape Hyacinth. 

Divisi:Magnoliophyta
Kelas:Liliopsida
Bangsa:Liliales
Suku:Liliaceae
Marga:Muscari
Jenis:Muscari armeniacum
Umbi muscari
1 Desember 2014.Umbi muscari ditanam dalam media dan disimpan kembali dalam kulkas (cooling period)
29 Desember 2014. Keluar dari kulkas.

9 Januari 2014. Waktu itu diamati belum ada tanda-tanda muncul bunga
12 Januari 2015, Muscari malu-malu menampakkan bunganya yang pertama.
Muscari 14.01.2015. Muncul bintik warna biru yang lebih gelap.
Saat itu, umbi saya terima pada 8 Oktober 2014 dan selanjutnya masuk kulkas untuk 'cold treatment' bersama umbi bunga musim semi lainnya tanpa potting media. Tanggal 1 Desember 2014 umbi muscari saya tanam dengan potting media karena sudah tumbuh akar yang cukup panjang dan tunasnya pun mulai rusak bila tidak segera ditanam di media. Selanjutnya umbi yang sudah ditanam dalam media  kembali masuk kulkas untuk melanjutkan cold treatment. Tak disangka, umbi muscari cepat sekali tumbuh. Pada tanggal 29 Desember 2014 saya lihat ada tunas yang tumbuh menjulang tinggi, sempat ragu juga sebenarnya untuk lanjut cold treatment atau mengeluarkannya dari kulkas dan yang saya lakukan saat itu adalah mengeluarkannya dari kulkas. Jadi cold treatment yang saya lakukan pada muscari hanya berlangsung selama sekitar 7 minggu. 
Selanjutnya muscari saya letakkan di teras rumah dan saya siram sehari sekali. Ada catatan tersendiri ketika menyiram muscari, siramlah medianya, jangan menyiram dari atas sehingga air jatuh di pusat tumbuh, ternyata hal ini dapat menyebabkan bakal bunga yang akan muncul membusuk. Bunga muscari pertama kali saya lihat pada tanggal tanggal 12-12-2014 dan mulai layu pada tanggal 17-12-2014. 

Bunga muscari 17-12-2014 mulai layu.

Bakal bunga muscari yang membusuk karena terkena air
Rencananya, setelah muscari ini habis masa berbunganya akan saya pindah ke tanah atau paling tidak pot yang lebih besar dan saya beri pupuk supaya musim semi tahun depan mau berbunga lagi. :)

10 komentar:

  1. It is amazing to witness the life from bulb to blossom, then shriveling back again into dormancy.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you..
      That's right, Laura.. There are many amazing things from nature to witness, to love.. :)

      Hapus
  2. Salam kenal mbak :)

    Saya suka sekali membaca blog mbak dan melihat2 foto2 bunga yang cantik2 itu lho.
    Ada yg mau saya tanyakan mbak,kebetulan saya mendapat bulb muscari dari teman,dari apa yang saya baca kesimpulannya itu bulb harus di cold treatment-semai ketika bertunas-diletakan dibawah sinar matahari secara bertahap .... benar begitu ya mbak ?
    Kemudian setelah selesai berbunga apa umbinya harus dikluarkan dan cold treatment lagi ato dibiarkan saja didalam pot mbak ?

    oh ya waktu cold treatment harus dibungkus koran ato dibiarkan saja dalam xiplock ya mbak ?

    Makasih sebelumnya untuk pencerahannya ya mbak :)

    xoxo,Linda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga Mb Linda.. terima kasih banyak..
      Maaf saya baru membalas. Mb Linda benar, umbi muscari perlu di-cold treatment-semai sampai bertunas dan diletakkan di bawah sinar matahari secara bertahap. Saran saya cold treatmentnya agak dilamain saja walaupun sudah tumbuh tunas, menurut saya hal ini berpengaruh pada keberhasilan munculnya bunga muscari. Cold treatment bisa dilakukan dengan dibungkus koran maupun dibungkus plastik ziplock asal sering-sering diamati adanya jamur yang tumbuh di umbi.

      setelah berbunga, biarkan tanaman muscari tumbuh di pot sampai daunnya menjadi kering. tanaman hanya perlu diperlakukan seperti tanaman biasa lainnya, disiram dan dipupuk. semoga jawaban saya membantu ya... Selamat menanam bunga musim semi... Semoga berbunga cantik ya...

      Hapus
  3. mau nanya.
    jenis tanah yang pas buat nanem bunga muscari yang jenisnya kaya apa ya?
    udah lama saya nanem bunga muscari tapi ga ada yang tumbuh bunganya satu pun yang ada daunnya malah makin panjang.kalo di taro di tanah langsung tanpa menggunakan pot yanga ada malah di makan tikus.

    mohon infonya

    thanks :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Wahyu,
      Yang saya gunakan untuk menanam muscari hanya tanah gembur dengan pupuk kandang saja. Muscari punya Wahyu di-cold treatment tidak? Bisa jadi karena kurang masa cold treatmentnya.

      Hapus
  4. Seneng banget pasti ya berhasil nanam dari bulbs sampe jadi bunga gitu :')
    Saya juga nau nanam tapi bingung beli umbinya dimana yaa ?

    BalasHapus
  5. Seneng banget pasti ya berhasil nanam dari bulbs sampe jadi bunga gitu :')
    Saya juga nau nanam tapi bingung beli umbinya dimana yaa ?

    BalasHapus