Kamis, 30 Oktober 2014

Menanam Tomat #3. Memperbanyak dengan Potongan Tunas

Tahukah Anda bahwa kita bisa menanam tomat dari potongan batang atau tunas pohonnya?
Ya, hal ini akan dengan mudah memperbanyak jumlah tanaman Anda dalam waktu yang tidak terlalu lama.
Lalu apa saja yang diperlukan? 

Tunas Ketiak atau 'sucker branch'
Tidak jauh berbeda dengan menanam tomat dari bijinya. Anda memerlukan media, pot dan bibit, hanya saja bibit yang Anda perlukan berupa potongan tunas pohon tomat,  salah satunya yang disebut 'sucker branch' yang tumbuh di antara daun lateral pada batang utama

Pilihlah Tunas yang sehat dan memiliki paling tidak 3 helai daun. Jika Anda menggunakan tunas yang memiliki dauh lebih dari 3 helai, Anda bisa memotong sebagian daun yang tua dan cukup sisakan sepasang hingga 4 helai daun saja.


Tanamlah tunas pada pot yang berisi media. Tanam tunas sedalam 3 cm. Letakkan di tempat yang teduh dan tidak terkena hujan. Siram teratur. 

Setelah sebulan, akar sudah tumbuh dari potongan batang , daun juga sudah bertambah dan tanaman siap dipindahkan ke tanah atau ke pot yang lebih besar. Selanjutnya lakukan pemeliharaan seperti pada tanaman tomat yang ditanam dari biji.


 Cukup mudah bukan...?

10 komentar:

  1. akan dicoba nanti...
    tima kasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. SElamat mencoba nanti Kak Ana...Semoga berhasil ya...

      Hapus
  2. Last spring I had a lot of tomato seedling in my green house. But one night the frost was and part of seedlings died. I was upset. Now you showed how I could have more tomatoes growing them from stems. Thank you!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks and welcome, Nadezda.

      I am sorry to know your tomato seedlings. Later you can try this method and hopefully they're doing well... :)

      Hapus
  3. That is a very economical way to grow tomatoes. The seeds can be very expensive to buy, especially the F1 varieties. What varieties of tomato do you grow?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks, Mark.
      I grow Black Krim, Reise and Red Pear. Heirloom varieties. That is right, seeds can be very expensive and you can enlarge your plants' amount in this simple and economical way, :)

      Hapus
  4. Boleh dicoba nih tipsnya. Thanks for sharing.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Welcome...
      Selamat mencoba, Bu Endah, semoga berhasil..

      Hapus
  5. sucker branch-nya dari satu tanaman tomat dapat berapa? dan tumbuhnya saat umur berapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari setiap ntanaman tomat bisa didapatkan sekitar lima sucker branch, hanya saja dipilih yang baik dan sehat, tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua. Sucker branch mulai tumbuh saat pohon tomat sudah tumbuh bunga, kurang lebih umur dua bulan dan oleh sebab itu sucker branch perlu diprunning karena mengganggu nutrisi yang dibutuhkan bakal buah.

      Hapus